Inovasi Petani Leban Jaya, Ubah Lahan Rawa Tak Tergarap Jadi Kebun Jeruk

Inovasi Petani Leban Jaya, Ubah Lahan Rawa Tak Tergarap Jadi Kebun Jeruk

MUSIRAWAS – Perjuangan Gunadi, petani asal Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas ini patut menjadi contoh bagi petani lainnya.

Betapa tidak, dengan kegigihan pria paruh baya ini bersama anggota kelompok tani ” Tunas Muda” , mampu menyulap lahan rawa-rawa yang dulunya tidak tergarap (lahan tidur) menjadi kebun jeruk siam madu.

Berkat ketekunannya itulah, Pria perantauan asal Medan ini mengecap hasil kerja kerasnya itu.

Dan hari ini, Senin (22/10), kelompok tani tunas muda bersama TP PKK Desa Leban Jaya dan TP PKK Kecamatan Tuah Negeri, mengundang ketua Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas Hj Novi Marlina Gunawan beserta anggota dan DWP pertanian untuk mengunjungi perkebunan jeruk siam madu ini dan panen bersama.

Dihadapan ketua TP PKK Hj Novi Marlina, dengan penuh bahagia bercampur haru, Gunadi menceritakan kisahnya membuka lahan rawa yang terletak di Dusun 3 Desa Leban Jaya ini sehingga bisa berhasil.

Dikatakan Gunadi, apa yang dia lakukan bersama kelompok tani Tunas Muda ini, semoga bisa menjadi inspirasi bagi petani lainnya untuk mengelola kebunnya.

” Penuh perjuangan dan kerja keras sehingga bisa seperti ini.Dan Alhamdulillah sukur, berkat ini semua saya bisa menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak-anak ,” katanya sambil menahan airmatanya yang tumpah.

Kedepan kata Gunadi, dia meminta doa dan dukungan semua pihak, agar bisa lebih sukses lagi.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada ibu Novi Gunawan dan rombongan yang telah bersedia datang dan memberikan motivasi kepada kami, dan kedepan kami akan berinovasi lagi,” katanya.

Keberhasilan ini jelas dia, tidak lepas dari bimbingan penyuluh pertanian yang aktif memberikan bimbingan dan dukungan kepada kelompok tani Tunas Muda ini, sehingga bisa sukses dan menikmati hasilnya.

Sementara itu Kabid Horti Dinas Pertanian Kabupaten Musi Rawas, Sujono mengatakan, ketekunan kelompok tani Tunas Muda ini menjadikan lahan yang tadinya tak tergarap menjadi kebun produktif ini hendaknya menginspirasi petani lainnya dan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk terus berinovasi.

Awalnya jelas Sujono, buah jeruk yang dihasilkan dari kebun ini tidak merata ( kulitnya tidak mulus), namun pihaknya terus memberikan bimbingan.

“Awalnya buah jeruk yang dihasilkan tidak maksimal , masih grotol-grotol ( tidak tumbuh mulus seperti jeruk biasanya,red). Namun pihak Dinas Pertanian, baik melalui penyuluh lapangan terus memberikan bimbingan, sehingga bisa berbuah lebat dan normal seperti sekarang ini,” jelasnya.

Ditambahkan Sujono, bahwa buah jeruk hasil perkebunan kelompok tani tunas muda ini sudah mendapatkan sertifikasi prima 3, yakni bebas dari residu dan zat kimia, sehingga sangat aman dikonsumsi.

Dia juga mengatakan, bahwa kelompok tani ini baru saja mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian berupa kendaraan roda tiga pada 2019 ini untuk mengangkut hasil panen.

Ketua Penggerak PKK Hj Noviar Gunawan mengaku bangga dan bahagia atas inovasi dilakukan Gunadi bersama kelompok taninya yang diketuai Rusmadi ini untuk mengelola lahan rawa menjadi perkebunan jeruk.

Kedepan jelas istri Bupati Musi Rawas ini, akan dikembangkan inovasi lainnya. Misalnya jeruk hasil panen dari kelompok tani ini dibuat minuman fresh jeruk madu produksi Leban Jaya, yang nantinya akan dipasarkan di mall- mall.Tentunya jelas dia, sebelumnya dilakukan penelitian dulu, salah satunya terkait masa kadaluarsa berapa lama bisa bertahan dan kombinasi bahan lainnya selain jeruk.

“Setelah ini kita langsung aktion, , siap kan Dinas Pertaniannya ?,” tanya Novi.

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak PKK Kecamatan, PKK Desa dan khususnya Gunadi yang telah mengundang pihaknya panen jeruk bersama.

Sementara Kades Leban Jaya Beni Afriansah mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ketua TP PKK Musi Rawas beserta rombongan dan DWP Pertanian ke Desa Leban Jaya dan panen buah jeruk bersama.

“Dengan kunjungan dilakukan ini, akan semakin memotivasi para petani yang ada di Leban Jaya untuk menyulap lahan yang tadinya terbengkalai menjadi kebun tanaman produktif, sehingga kedepan ada inovasi inovasi lainnya,” kata Beni.

Pantauan inilahkito.com dilapangan, turut serta mendampingi Ketua TP PKK Musi Rawas Hj Noviar Marlina Gunawan , Camat Tuah Negeri Christiandi Argani, ketua TP PKK Tuah Negeri Rofiah, Kades Leban Jaya Beni Afriansah beserta ketua TP PKK Leban Jaya Sefti.DWP Pertanian, Kabid Horti Dinas Pertanian Sujono dan Penyuluh Lapangan Pertanian, Hindun. (IK)