Bupati H2G Kunjungi dan Berikan Bantuan Korban Kebakaran

Bupati H2G Kunjungi dan Berikan Bantuan Korban Kebakaran

MUSIRAWAS – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan (H2G) beserta sejumlah OPD Pemkab Mura, Senin (16/3), mengunjungi kediaman korban kebakaran, Warsinem (62), warga Dusun 8 Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri.

Selain memberikan bantuan, kunjungan H2G beserta rombongan ini untuk memberikan motivasi dan menghibur keluarga korban kebakaran yang terjadi Sabtu sore ( 14/3).

Pada kesempatan itu, Bupati H2G mengingatkan korban bahwa yang namanya musibah tidak dapat diduga – duga. Dan musibah ini tambah dia, merupakan ujian dari Allah SWT untuk menguji kesabaran dan keikhlasan hambahNya.

Dia juga mengatakan, banyak hikmah yang dapat dipetik dari musibah ini. Sehingga kedepan, warga diharapkan berhati-hati dalam pemakaian listrik dan selalu memeriksa fasilitas jaringan listrik dirumahnya.

Terkait musibah kebakaran yang terjadi lantaran arus pendek listrik, Bupati H2G meminta kepala desa dan unsur OPD terkait melakukan invetarisir jaringan listrik yang sudah tidak layak pakai lagi untuk dilakukan perbaikan.

“Lebih baik mencegah daripada menimbulkan kerugian yang lebih besar lagi,” kata dia.

Selain itu, Bupati H2G juga meminta OPD terkait agar membantu keluarga korban untuk membuat kembali seluruh dokumen berharga milik korban seperti KTP, Ijazah dan surat – surat penting lainnya yang ikut terbakar.

Terkhusus kepada OPD Perkim Musi Rawas, Bupati H2G meminta agar rumah korban Warsinem yang merupakan seorang janda ini untuk menjadi prioritas dilakukan perbaikan melalui program yang ada di OPD tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengimbau warga Desa Leban Jaya terkait isu maraknya penyebaran virus corona, agar tetap menjaga kesehatan.

“Bangsa kita saat ini sedang dilanda virus corona, sehingga kita harus waspada dan mengurangi anktifitas kontak tangan yang dikhawatirkan dapat menularnya virus tersebut. Makanya tadi Saya mohon maaf tidak bersalaman, takutnya nanti tanpa diduga saya terkena virus sehingga menular kepada seluruh masyarakat yang bersalaman,” kata dia.

Kepada petugas kesehatan, dia berharap agar siap siaga dan menyosialisasikan hidup sehat kepada masyarakat.

“Terkait virus corona ini, kita tidak boleh takut dan panik, asalkan kita mengedepankan hidup sehat,” katanya.

Sementara kades Leban Jaya Beni Afriansah mewakili warga Leban Jaya mengucapkan terimakasih atas kepekaan bupati yang hadir langsung mengunjungi dan memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

Dikatakan Beni, mengetahui adanya rumah warganya yang terbakar, dia bersama unsur pemerintah desa dan warga setempat langsung mendatangi lokasi dan bahu membahu memadamkan api, sehingga meskipun rumah korban Warsinem ludes terbakar, tapi tidak menjalar ke rumah warga yang bersebelahan dengan rumah korban.

“Kami juga bersama warga sudah melakukan gotong royong memperbaiki rumah yang bersebelahan dengan rumah korban, agar bisa ditempati oleh korban beserta anak dan cucunya,” jelas Beni.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas PU CKTRP H Ristanto Wahyudi, Kepala Dishub Adi Winata, Kepala Dinas Sosial Agus Susanto, Perwakilan Disdukcapil, Perwakilan Dinas Perkim, Camat Tuah Negeri Christiandi Argani dan Kades Leban Jaya beserta perangkat desa.(adv/ik)