Cegah Stunting, TP PKK Leban Jaya Bagikan Susu Bagi Ibu Hamil dan Balita

MUSIRAWAS – Meskipun saat ini sedang berjibaku melawan penyebaran pandemi Covid -19, Pemerintah Desa Leban Jaya melalui TP PKK tetap peduli terhadap asupan gizi bagi ibu hamil dan balita.

Buktinya, untuk mencegah stunting Balita dan menambah imun tubuh ibu hamil, TP PKK Leban Jaya membagikan susu kotak kepada 50 ibu hamil dan 150 Balita.

Pembagian susu terhadap ibu hamil dan Balita yang berlangsung di Balai Desa, Senin (20/4) ini, disaksikan langsung oleh Kades Leban Jaya Beni Afriansah didampingi Ketua TP PKK Setiani, dengan melibatkan bidan desa, kader kesehatan desa, dan ibu – ibu kadus.

Fhoto bersama usai pembagian susu secara simbolis kepada Balita

Selain membagikan ratusan kotak susu, pada kegiatan itu juga dilakukan pembagian masker.

Kades Leban Jaya Beni Afriansah mengatakan, pembagian susu terhadap ibu hamil dan balita ini dilakukan secara simbolis, mengingat saat ini sedang menerapkan sosial distancing sesuai aturan protokol covid – 19.

“Selanjutnya pembagian susu dan masker dilakukan oleh kader kesehatan secara dor to dor ke rumah ibu hamil dan Balita,” katanya.

Kades Leban Jaya Beni Afriansah sedang membagikan masker kepada ibu hamil

Dikatakan kades, selain mencegah Balita stunting, asupan gizi berupa susu ini sebagai upaya meningkatkan imun tubuh bagi ibu hamil, agar tidak mudah tertular penyebaran virus corona.

Kedepannya lanjut Kades, melalui pemenuhan asupan gizi bagi ibu hamil ini, diharapkan tidak ada kelahiran anak dengan berat badan yang rendah.

“Semoga program yang dilaksanakan ini menurunkan proporsi anak balita stunting, serta semakin meningkatkan persentase ibu yang memberikan ASI esklusif,” harapnya.

Kades Leban Jaya sedang memberikan sambutan dan imbauan kepada masyakat LebanJaya

Pada kesempatan itu, Kades juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan isolasi mandiri bagi setiap warga yang baru kembali atau pulang dari luar daerah, terutama dari daerah yang telah masuk dalam kategori zona merah. Selain itu, diharapkan kepada warga menggunakan masker setiap keluar rumah dan rajin mencuci tangan.

“Kami bermohon dan minta tolong kepada masyarakat, agar mematuhi imbauan dan anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai virus corona ini. Pandemi covid – 19 ini jangan dianggap enteng dan main- main,” pintanya.

Fhoto bersama usai pembagian masker dan susu kepada ibu hamil

Ditambahkan kades, berbagai ikhtiar telah dilakukan Pemerintah Desa guna memutus mata rantai covid- 19 . Diantaranya pengintensifan penyemprotan Disinfektan, pembagian masker, mendirikan posko pemantau dan terus melakukan sosialisasi.

Penyerahan secara simbolis susu kotak kepada ibu hamil oleh bidan desa

“Dan dalam waktu dekat ini, jika memungkinkan kita akan menggunakan salah satu gedung sekolah untuk mengkarantina setiap warga yang baru pulang dari luar daerah,” katanya.

Kades juga menambahkan, besar kemungkinan dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mendirikan posko di perbatasan Desa antara Leban Jaya – Desa Wonorejo dan antara Desa Leban Jaya – Bamasco.(IK)