Hadapi Krisis Ekonomi Selama Covid – 19, Kades Leban Jaya Ajak Masyarakat Tanam Ubi Kayu

MUSIRAWAS – Kades Leban Jaya Beni Afriansah mengajak warganya memanfaatkan tanah pekarangan rumah agar ditanam ubi kayu.

Langkah ini guna menyetabilkan ketahanan pangan dan sebagai alternatif atau antipasi dalam menghadapi krisis ekonomi berkepanjangan, menyusul mewabahnya pandemi virus corona saat ini.

Ajakan ini disampaikan kades saat dia menyampaikan sambutan pada kegiatan pembagian susu dan masker kepada ibu hamil dan Balita guna mencukupi asupan gizi untuk mencegah stunting Balita, Senin (20/4).

Dijelaskan Kades, untuk Tiga bulan ini, terhitung April hingga Juni 2020, Pemerintah Desa Leban Jaya memang telah menganggarkan 30 persen Dana Desa (DD) untuk kegiatan pembelian sembako yang akan diberikan kepada warga terdampak covid – 19.

“Bantuan ini hanya Tiga bulan ke depan. Jika pandemi covid -19 ini berlangsung lama, sebagai alternatif lainnya Kami mengajak warga memanfaatkan lahan pekarangan rumah menanam ubi kayu, guna mencukupi kebutuhan pangan rumah tangganya,” kata Kades.

Saat ini jelas Kades, untuk pembagian bantuan sembako ini pihaknya melalui relawan covid dan kadus telah melakukan pendataan, yang nantinya data tersebut akan kembali dievaluasi dan diteliti secara cermat, sehingga yang menerima bantuan ini tepat sasaran dan betul-betul warga yang tidak mampu.

Menghadapi pandemi covid -19 ini, Kades juga mengajak warganya untuk saling berbagi kepada tetangga kiri kanan rumahnya.

” Saat ini Saya telah memulai untuk menanam ubi kayu dipekarangan belakang rumah, jika nanti ada warga yang sangat memerlukan, silahkan datang saja ke rumah,” kata Kades.

Dalam kesempatan itu, Kades juga mengimbau warganya terutama para istri dan anak – anak untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting.(IK)