Pengendara Keluhkan Akses Jalan Rusak dan Berlubang

Lubang menganggah di badan jalan poros Desa lebanjaya menuju Desa bamasco

MUSIRAWAS – Pengendara roda dua dan empat mengeluhkan kondisi jalan poros yang berada di Desa Leban Jaya menuju Desa Bamasco, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas mengalami kerusakan dan berlubang.

Jika tak berhati – hati, pengendara yang melintas sering terjebak lubang dan tak jarang terjadi kecelakaan.

Pantauan inilahkito.com dilapangan, jalan poros kabupaten yang tembus ke Simpang Empat, Simpang Semambang itu merupakan satu-satunya akses warga untuk beraktifitas, baik menuju perkebunan atau akses ke desa lainnya.

Pengendara ekstra hati -hati melintasi jalan berlubang

Bahkan jalan ini juga sering dijadikan jalur alternatif bagi kendaraan travel, khususnya dari wilayah Kecamatan Tugumulyo – Palembang, serta sering dilintasi truk pengangkut buah sawit.

Salah seorang pengendara roda dua Agus menuturkan, kondisi jalan rusak tersebut sudah berlangsung lama, dan hingga saat ini belum ada penanganan dari pemerintah.

“Kerusakan jalan ini lumayan parah. Jika melewati jalan tersebut harus extra hati-hati, karena jalannya rusak parah dan berlubang. Yang lebih berbahaya lagi banyak pengendara saling menghindari jalan rusak dan kubangan,” katanya, Kamis (30/4).

Selaku pengguna jalan, dirinya berharap pemerintah kabupaten setempat memperhatikan jalan rusak tersebut.

Sepengetahuan Dia, jalan yang berlubang ini pernah dilakukan penimbunan menggunakan tanah merah guna menutupi lubang yang mengangga. Namun tidak dilanjuti dengan perbaikan seperti tambal sulam seperti pemeliharaan jalan kabupaten pada umumnya.

“Lubang – lubang yang besar ini pernah dilakukan penimbunan dengan tanah, tapi seiring dengan musim penghujan, tanah timbunan hilang bahkan kini kerusakan bertambah parah dan lubang semakin dalam. Saya pernah terperangkap ke dalam lubang, sampai ban motor pecah dan velg nya bengkang, tapi untung hanya motor yang rusak, dan saya tidak terjatuh,” kata dia.

Pengendara yang sama sama menghindari lubang, tak jarang menimbulkan kecelakaan

Sementara Irawan, pengendara mobil yang nyaris setiap hari melintasi jalan itu mengatakan, setiap kali melewati jalan tersebut, Dia mengaku harus melambatkan kendaraan.

“Seharusnya jalan poros ini diperbaiki, sehingga aksesnya mudah dilalui dan usaha pun menjadi lancar,” harapnya.

Dia berharap agar Pemkab Musi Rawas bisa segera memperbaiki jalan rusak dan berlubang ini.

“Harapannya sih cepat-cepat diperbaiki. Kasihan para pengendara harus hati-hati ketika melewati kubangan tersebut. Jadi tiap lewat sini makan waktu dan tenaga,” katanya.

Sementara Plt Kadis PU Bina Marga Kabupaten Musi Rawas Azhari, belum dapat dikonfirmasi, guna memastikan dan kapan jalan tersebut diperbaiki.(IK)