Leban Jaya Siapkan Karantina Bagi Warganya Pulang Kampung

Kades Leban Jaya mengecek suhu badan warga yang baru pulang dari perantauan, dan menyiapkan karantina

MUSIRAWAS – Pemerintah Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas menyiapkan karantina bagi warganya yang pulang kampung.

Hal ini sebagai antipasi dan upaya memutus penyebaran virus corona.

Setiap warga baru pulang dari luar Kabupaten Musi Rawas dan kembali ke Desa Leban Jaya, langsung didata, dilakukan chek suhu badan menggunakan thermometer gun, yang kemudian diisolasi, bahkan disiapkan untuk di karantina.

Kades Leban Jaya Beni Afriansah, Jum’at (1/5) mengatakan, hingga saat ini tercatat lebih dari 20 warga Desa Leban Jaya yang kembali pulang dari perantauan, umumnya dari pulau jawa. Mereka ini merupakan pelajar, mahasiswa dan pekerja yang berada di luar jawa dan kembali ke Leban Jaya.

“Sebagian dari mereka ini telah melewati masa isolasi mandiri selama 14 hari. Dan Alhamdulillah, kondisinya saat ini sehat wal afiat,” kata Kades.

Kades juga menambahkan, seiring dengan informasi bertambahnya masyarakat terpapar virus corona ini, pihaknya semakin meningkatkan kewaspadaan.

“Saat ini Kami telah menyiapkan karantina bagi warga yang baru datang, yang dikhawatirkan telah terpapar virus corona. Seperti hari ini, ada dua warga yang baru pulang dari perantauan dari Pekan Baru. Kami langsung lakukan pengecekan suhu tubuh mereka dan rencananya akan di karantina. Namun setelah dilakukan musyawarah, pihak keluarganya meminta untuk dilakukan isolasi mandiri ,” katanya.

Kades menambahkan, pihaknya juga saat ini sudah menambah pos pantau di perbatasan antara Desa Leban Jaya dengan Desa Sadarkarya Kecamatan Purwodadi.

Penyemprotan disinfektan dilakukan dua kali setiap minggu

“Keluar masuk warga dari jalur perbatasan Desa Leban Jaya – Sadarkarya ini sering tidak terpantau, makanya kita dirikan pos .Untuk jadwal petugas piketnya masih kita atur, terdiri dari perangkat desa, BPD, relawan Covid, Linmas, bidan desa dan kader kesehatan desa,” jelasnya.

Ditambahkan kades, pihaknya juga saat ini melakukan penyemprotan Disinfektan ke pemukiman penduduk dua kali setiap minggu.

Dia mengimbau warganya agar senantiasa mematuhi aturan dan imbauan pemerintah, sebagai upaya memberantas penyebaran virus corona.

” Mari kita bersama-sama berupaya dan berdoa, semoga covid 19 ini segera berlalu,” katanya.(IK).