Puluhan Tahun Tak Ada Kepedulian, Jalan Pemukiman Warga Dibiarkan Rusak

Kondisi Jalan Pemukiman warga dusun 4 Desa Leban Jaya, puluhan tahun tanpa peningkatan

MUSIRAWAS – Warga Dusun 4 Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri, berharap kepedulian Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Dinas PU Bina Marga untuk segera melakukan peningkatan jalan pemukiman di wilayah itu.

Investigasi wartawan inilahkito.com di lapangan, Rabu (13/5), jalan sepanjang lebih kurang Satu Kilometer ini merupakan satu – satunya akses warga Dusun 4 beraktifitas. Selain itu, jalan ini juga merupakan penghubung antara Kecamatan Tuah Negeri dan Kecamatan Purwodadi.

“Seingat saya jalan ini dibangun pada tahun 1982, dan pernah dilakukan pengerasan pada tahun 1999. Setelah itu, hingga saat ini tidak ada peningkatan,” kata warga setempat, Manon dijumpai di lapangan.

Sebagai warga yang merasakan betul kondisi jalan tersebut, Dia berharap ada kepedulian pemerintah untuk segera melakukan peningkatan.

“Apalagi, hanya kurang lebih Lima Kilometer dari sini, sudah tembus ke Kecamatan Purwodadi,” jelasnya.

Senada dikatakan Rizal, warga setempat lainnya. Jalan ini katanya, selain akses warga beraktifitas untuk bekerja, ke sekolah dan lain – lain, juga merupakan jalan warga untuk pergi ke ladang.

“Kadang – kadang kita merasa kasihan , lihat petani karet yang membawa hasil sadapannya dan anak – anak sekolah yang menggunakan jalan ini, apalagi saat musim hujan,” katanya.

Sementara itu diketahui, jalan yang menurut warga setempat tidak pernah ditingkatkan sejak tahun 1999 itu, merupakan jalan utama penghubung antar dusun. Selain kondisinya sangat memprihatinkan, jalan ini juga satu-satunya akses anak- anak TK, SD dan SMP pergi sekolah.

Kerusakan kian parah, saat di perbatasan antara Desa Sadar Karya Kecamatan Purwodadi dan Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri.

Warga berharap kepada anggota DPRD Musi Rawas terpilih, khususnya Dapil 6 agar aspirasi pembangunan DPRD, salah satunya dialihkan untuk peningkatan jalan ini.

“Jika anggota DPRD terpilih pun tak memperdulikan kondisi ini, kemana lagi Kami akan mengadu dan berharap,” kata Firman warga setempat.

Camat Tuah Negeri, Christiandi dikonfirmasi inilahkito.com, membenarkan jalan tersebut sudah sangat memprihatinkan. Menurut dia, peningkatan jalan ini sudah diusulkan, baik melalui Musrenbang, maupun proposal.

“Infonya sudah di ACC tahun ini juga, mungkin karena adanya bencana pandemi Covid -19 , sehingga pembangunannya belum dimulai. Kami juga mendesak PU Bina Marga untuk segeralah memulai melakukan peningkatkan jalan tersebut.Sebab jalan ini bukan saja akses warga beraktifitas, tapi merupakan penghubung antar Kecamatan, yakni Kecamatan Tuah Negeri dan Purwodadi,” katanya.

Christiandi juga berharap kepada warga agar bersabar, terkait belum dilaksanakannya peningkatan jalan tersebut.

” Kami berharap masyarakat dapat bersabar, karena info yang kami dapat, tahun ini juga segera dilakukan peningkatan,” jelasnya.(Irawan/IK)