PWI Sumsel dan Mura Minta Dinkes Fasilitasi Rapid Test Wartawan

PWI Mura saat menggelar orientasi anggota PWI beberapa bulan lalu

MUSIRAWAS- Ketua PWI Sumatera Selatan H Firdaus Komar menyurati seluruh Kepala Dinas Kesehatan kota dan kabupaten di Sumatera Selatan untuk memasilitasi rapid test wartawan yang bertugas di lapangan.

Permintaan ini disampaikan Firdaus Komar terkait penyebaran Corona Virus Deases (Covid-19) di Provinsi Sumsel, dimana ada wartawan yang bertugas di Kota Palembang dinyatakan positif covid.

Dalam surat bernomor 145/PWI-SS/V/2020 itu, Firdaus Komar
menjelaskan bahwa dalam
penanganan pencegahan covid-19 ini, pers menjadi bagian penting untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat.

Terpisah pengurus PWI Musi berharap, Pemkab Musi Rawas melalui Dinas Kesehatan dapat melakukan Rapid Test Bagi wartawan yang bertugas di Bumi Lan Serasan Sekentenan ini.

“Sebab, Pers juga bagian dari garda terdepan dalam memberantas penyebaran wabah Pandemi Covid-19. Informasi yang disampaikan terkait perkembangan Covid-19 di publikasikan melalui media pers dan ini bagian dari tugas mulia pers Indonesia,” kata Ketua PWI Musi Rawas, Noviyansyah didampingi pengurus PWI Musi Rawas, Kamis (28/5) di Sekretariat PWI Musi Rawas, Muara Beliti.

Sementara, wartawan menjadi yang terdepan dalam mencari dan meliput perkembangan Covid-19 ini sangat rawan dan selalu berhadapan dengan virus corona.

Untuk itu, PWI Musi Rawas meminta Pemkab Musi Rawas untuk dapat melakukan Rapid Test bagi wartawan yang bertugas di Musi Rawas. Mengingat, sudah ada seorang wartawan yang bertugas di Palembang positif Covid-19.

“Semoga harapan ini dapat diwujudkan dan menjadi bagian kita bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Noviyansyah.

Hadir dalam rapat pengurus PWI Musi Rawas, Sekretaris PWI Musi Rawas, Jhuan Silitonga, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Firmansyah, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Andi Salahudin, anggota PWI Musi Rawas.(IK)