Pengerjaan Pemeliharaan Jalan Poros Leban Jaya – Simpang Semambang Diharapkan Berkualitas

MUSIRAWAS – Sejumlah warga berharap pengerjaan proyek pemeliharaan jalan poros yang rusak dan berlubang dari Desa Leban Jaya ke Desa Bamasco serta Simpang Semambang Kecamatan Tuah Negeri dikerjakan secara profesional dan berkualitas.

Sehingga mutu dihasilkan dari pekerjaan tersebut dapat bertahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat pengguna jalan.

Hal ini diungkapkan warga setempat Utomo (32), menyusul adanya informasi segera dikerjakannya proyek pemeliharaan jalan dari Desa Q1 Tambah Asri Kecamatan Tugumulyo hingga ke Simpang Semambang Kecamatan Tuah Negeri. Dimana dalam paket proyek pemeliharaan tersebut itu mencakup jalan poros Desa Leban Jaya, Desa Bamasco dan Simpang Semambang Kecamatan Tuah Negeri.

“Informasinya jalan poros yang rusak dan berlubang ini segera dilakukan perbaikan tahun ini. Kita berharap pelaksanaannya benar-benar dikerjakan secara profesional, berkualitas dan bermutu, sehingga bermanfaat bagi masyarakat pengguna jalan,” kata Utomo, Kamis (18/6).

Utomo menambahkan jangan sampai proyek pemeliharaan ini nantinya hanya menjadi ajang oknum tertentu untuk meraup keuntungan materi semata, karena dikerjakan tanpa memperhatikan kualitas dan mutu pekerjaan. Sehingga manfaat yang dirasakan pengguna jalan nantinya dari proyek ini tidak bertahan lama.

“Pihak Dinas PU Bina Marga Musi Rawas juga diminta benar-benar mengawasi pengerjaan proyek tersebut, jangan sampai hanya menerima laporan di atas meja saja,” katanya.

Senada dikatakan Irawan (30), yang mengaku setiap hari menggunakan jalan poros tersebut berharap kepada kontraktor, pengawas dan pihak – pihak yang berhubungan dengan pengerjaan proyek ini, agar memprioritaskan kepentingan pengguna jalan dan masyarakat.

Artinya jelas dia, jangan sampai pemerintah daerah yang telah menganggarkan Ratusan Juta untuk pemeliharaan jalan tersebut, tapi manfaatnya tidak maksimal dirasakan warga, karena dikerjakan tidak berkualitas dan bermutu.

“Kami ucapkan terimakasih adanya proyek pemeliharaan jalan yang sering Kami lalui ini, tapi jangan sampai adanya proyek ini hanya memprioritaskan kepentingan kontraktor dan oknum – oknum tertentu saja yang diuntungkan dari proyek tersebut,” harapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya , sejumlah pengendara roda dua dan empat mengeluhkan kondisi jalan poros yang berada di Desa Leban Jaya menuju Desa Bamasco, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas mengalami kerusakan dan berlubang.

Jika tak berhati – hati, pengendara yang melintas sering terjebak lubang dan tak jarang terjadi kecelakaan.

Pantauan inilahkito.com dilapangan, jalan poros kabupaten yang tembus ke Simpang Empat, Simpang Semambang itu merupakan satu-satunya akses warga untuk beraktifitas, baik menuju perkebunan atau akses ke desa lainnya.

Bahkan jalan ini juga sering dijadikan jalur alternatif bagi kendaraan travel, khususnya dari wilayah Kecamatan Tugumulyo – Palembang.

Informasi diterima inilahkito.com, pemeliharaan jalan poros yang mengalami kerusakan ini bakal segera dikerjakan, bahkan telah dilakukan titik nol oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Musi Rawas bersama kontraktor dan pihak terkait lainnya.

Camat Tuah Negeri Christiandi membenarkan telah dilakukan titik nol pengerjaan proyek pemeliharaan jalan dari Desa Leban Jaya hingga Simpang Semambang Kecamatan Tuah Negeri ini.

Dikatakan Christiandi pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Dinas PU Bina Marga.

“Mewakili masyarakat Kecamatan Tuah Negeri terkhusus Desa Leban Jaya, Bamasco dan Lubuk Rumbai, Kami ucapkan terimakasih atas perbaikan jalan poros tersebut,” katanya.

Dia berharap kepada masyarakat setelah jalan ini dilakukan perbaikan,hendaknya dapat dijaga dan dirawat agar tidak mudah rusak.

Dan kepada pihak kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut, agar dilakukan maksimal dan profesional serta mengutamakan mutu dan kualitas pekerjaan. ( Firmansyah/ik)