Jelang Verfak, 597 PPS se Musi Rawas Ikuti Rapid Tes

MUSIRAWAS – Sebanyak 597 anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) se Kabupaten Musi Rawas mengikuti rapid tes.

Kegiatan rapid tes ini dilaksanakan bertahap selama tiga hari mulai hari ini Kamis hingga Sabtu (25 -27/6) di sekretariat KPU Musi Rawas.

Pelaksanaan rapid tes ini sehubungan dengan tahapan Pilkada 2020 Kabupaten Musi, salah satunya verifikasi faktual (verfak) berkas dukungan perseorangan oleh PPS, dimana dilaksanakan di tengah penyebaran pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Ketua KPU Musi Rawas Anasta Tias, Kamis (24/6) mengatakan, sesuai surat edaran KPU RI nomor 481, sebelum melaksanakan verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) jalur perseorangan, anggota PPS diwajibkan mengikuti rapid tes.

“Kegiatannya dibagi Tiga tahap. Untuk hari ini bagi seluruh ketua PPS, dilanjutkan Hari Jum’at dan Sabtu untuk seluruh anggota PPS,” kata Anasta saat memantau kegiatan rapid tes di lokasi.

Dikatakannya lagi, sebelum melakukan verifikasi faktual, seluruh PPS yang tersebar di 199 desa / kelurahan dalam 14 kecamatan dalam Kabupaten Musi Rawas harus dipastikan terbebas dari virus corona. Maka itu dilaksanakan rapid test dilakukan tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Musi Rawas.

” Jika dalam rapid tes ini nanti ditemukan anggota PPS yang positif, maka untuk melakukan verfak akan diganti dengan anggota atau petugas lainnya” kata dia.

Anas menambahkan, selain rapid tes bagi seluruh anggota PPS, akan dilanjutkan dengan rapid tes bagi 790 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dilaksanakan sebelum mereka melakukan pencoklitan di wilayahnya masing-masing.(Fr/IK)