PT Evan Lestari Belum Miliki HGU, Pemkab Mura Hilang PAD Rp 46 M

Freewan Novio

MUSIRAWAS – Meskipun sudah lama beroperasi di Kabupaten Musi Rawas, PT Evan Lestari yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit belum memiliki Hak Guna Usaha (HGU).

Akibatnya, Pemkab Musi Rawas alami kerugian berupa kehilangan pendapatan mencapai hingga Rp 46 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan dan Restribusi Daerah ( BPPRD) Kabupaten Musi Rawas, Freewan Novio membenarkan jika hingga kini PT Evan Lestari belum mengurus HGU yang berimbas tidak ada kontribusinya perusahaan tersebut terhadap Pemkab Musi Rawas.

Namun jelas Freewan, kemarin pihak PT Evan Lestari sudah berkoordinasi ke pihaknya dan paling lambat akhir Oktober nanti BPHTB tersebut akan dibayarkan.

” Kemarin pihak PT Evan Lestari sudah berkoordinasi, paling lambat akhir Oktober BPHTB akan dibayarkan,” jelasnya, Jum’at (3/7).

Freewan juga mengimbau perusahaan lainnya agar segera menyelesaikan pengurusan HGU, sehingga memiliki kontribusi terhadap daerah.

“Izin HGU ini ada di BPN pusat, kami hanya memberi imbauan dan teguran saja kepada perusahaan yang belum mengurus HGU, ” katanya.

Sementara Kepala Bidang PPHT BPPRD, Thomas menambahkan akibat lambannya PT Evan Lestari mengurus izin HGU, Pemkab Mura kehilangan pendapatan sekitar Rp 40 miliar sampai Rp 46 milyar.( */ik)