Rapid Tes Lima Anggota PWI Musi Rawas, Semuanya Non Reaktif

MUSIRAWAS – Guna mencegah dan sebagai upaya nemutuskan mata rantai penyebaran covid 19, seluruh wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas di rapid tes, Kamis (16/7).

Seyogyanya, rapid tes bagi wartawan yang bertugas di Kabupaten Musi Rawas ini dilakukan serentak bagi 50 wartawan. Namun karena harus mengikuti aturan protokol kesehatan dan padatnya jadwal wartawan yang sedang melaksanakan tugas, sehingga pelaksanaannya dilakukan bertahap.

Untuk tahap pertama ini, dilakukan kepada Lima orang wartawan berlangsung di gedung labor kesehatan daerah Kabupaten Mura dan difasilitasi oleh petugas kesehatan Dinkes Kabupaten Musi Rawas.

Kelima anggota PWI Mura yang telah dilakukan rapid tes ini meliputi ketua PWI Noviansyah, Sekretaris PWI Jhuan Silitonga, waka bidang organisasi Firmansyah, waka bidang pendidikan Andi Salahuddin serta anggota Eko Mustiawan.

Ketua PWI Kabupaten Mura, Noviansyah mengatakan, digelarnya rapid tes ini menindaklanjuti intruksi dari PWI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan tujuan untuk mencegah penularan Covid-19 terhadap profesi Pers.

“Hari ini ada lima anggota PWI Mura yang di rapid tes. Ahlamdulillah semuanya non reaktif. Ini baru tahap pertama sebanyak lima orang, karena target kita 50 orang,” katanya.

Untuk selanjutnya kata dia, bagi anggota PWI Kabupaten Mura yang ingin melakukan rapid tes agar berkoordinasi dengan Dinkes Mura.

“Rapit tes bagi wartawan sangat penting, mengingat profesi ini merupakan profesi yang riskan tertular Covid-19. Apalagi kegiatan seorang wartawan yang turun langsung dan bertemu dengan masyarakat yang tidak kita ketahui apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak. Terlebih, saat ini di luar Kabupaten Mura banyak wartawan yang terpapar,” katanya.

Dikatakan Novi, rapid tes wartawan ini menindaklanjuti bantuan alat rapid dari Gubernur Sumsel sebanyak 50 wartawan.

Kepala Dinkes Mura, Hj Mifta Hulmmi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Edwar Ziliyar menyampaikan apresiasi kepada PWI Kabupaten Mura yang sudah ikut serta mencegah Covid-19 dilingkungan Pers dengan melakukan rapid tes.

“Sebelumnya PWI Kabupaten Mura mendapat bantuan dari Gubernur Sumsel sebanyak 50 alat rapid. Hari ini tahap pertama lima orang melakukan tes, hasilnya semuanya negatif,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan bagi seorang wartawan, karena pekerjaannya yang menuntut langsung bertatap muka dengan masyarakat luas.

“Setelah ini, kami Dinkes Mura akan menerbitkan surat keterangan bebas Covid-19 bagi yang negatif. Sedangkan nanti jika memang ada wartawan yang reaktif, kita tindak lanjuti dengan swab. Kalau positif langsung kita berikan tindakan,” tutupnya. (Ik)