Tahun Depan Pemkab Mura Jalankan Program 1.000 Ternak Sapi

MUSIRAWAS – Pada 2021 mendatang, Pemkab Musi Rawas segera melaksanakan program 1.000 ternak sapi yang menyelaraskan adanya program Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) akan dilaksanakan juga di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Propinsi Sumatera Selatan.

Segera dilaksanakannya program 1.000 ternak sapi di Musi Rawas ini terungkap dalam rapat staf bersama OPD dipimpin Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Mura, Ahmad Rizali, di Auditorium Pemkab Mura, Senin (12/10).

Dalam rapat staf tersebut, Pjs Bupati Musi Rawas Ahmad Rizali menyampaikan beberapa poin, di antaranya terkait Program 1.000 ternak sapi tahun 2021.

“Diharapkan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan mempersiapkan dari sekarang keperluan administrasi dan teknisnya untuk diajukan ke Kementrian,” katanya.

Dikatakan Ahmad Rizali, dengan ketentuan 1.000 ternak sapi untuk satu propinsi dipilih satu kabupaten dan satu kabupaten dipilih satu kecamatan, selanjutnya dipilih Lima desa dan Lima kelompok tani.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Mura, H. Zuhri Syawal mengatakan pihaknya sudah melakukan peninjauan, yang hasilnya Kecamatan Megang Sakti terpilih menjadi daerah Kabupaten Mura yang dipersiapkan untuk mengikuti program tersebut.

“Dari pertimbangan beberapa faktor di antaranya Kecamatan Megang Sakti merupakan penghasil ternak terbanyak di Kabupaten Mura dan mempunyai lahan strategis untuk berternak sapi,” jelasnya. (rilis)