Era Kepemimpinan H2G, Tren SPM Kesehatan Semakin Baik

MUSIRAWAS – Pemenuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Musi Rawas di era kepemimpinan H Hendra Gunawan (H2G), menjadi salah satu fokus pembangunan.

Hingga tahun ini, Pemkab Mura melalui dinas terkait tetap fokus untuk memenuhi layanan kesehatan dimaksud. Diantaranya upaya penyediaan fasilitas kesehatan (faskes) bagi masyarakat bumi Lan Serasan Sekentenan.

Menurut Wakil Ketua II DPRD Mura Hendra Adi Kusuma, sejak 2016 hingga sekarang, berbagai program bidang kesehatan telah menunjukan pencapaian yang signifikan.

Terutama yang berkaitan erat dengan faskes di desa dan kecamatan dalam wilayah Mura.

Adapun pencapaian yang paling dirasakan adalah pembangunan Sembilan Puskesmas di beberapa kecamatan pada 2018 lalu, kegiatan rehab Puskesmas, Pustu dan pemenuhan alat kesehatan.

Dengan adanya peningkatan faskes tersebut, memberikan pengaruh berbagai pencapaian program yang sudah ditetapkan. Seperti pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) yang
semakin baik.

Indikasinya meliputi peningkatan pelayanan kesehatan ibu hamil, pelayanan kesehatan ibu bersalin, pelayanan kesehatan bayi baru lahir, pelayanan kesehatan balita dan anak usia pendidikan dasar.

Indikasi lainnya, peningkatan pelayanan kesehatan usia produktif, pelayanan kesehatan usia lanjut, penderita hipertensi, pelayanan kesehatan penyakit diabetes militus, pelayanan kesehatan pasien dengan gangguan jiwa berat,TBC dan pelayanan kesehatan bagi orang yang beresiko terinfeksi virus HIV.

“Seperti SPM 2017, pelayanan kesehatan ibu hamil pecapaiannya sekitar 84 persen dan untuk pelayanan kesehatan anak usia pendidikan dasar mencapai 94 persen dalam capaian setiap tahunnya. Pada 2018, angka tersebut lebih meningkat lagi. Begitu pun dengan pelayanan lainnya, harapan kita semakin meningkat,” kata dia.

Hendra menambahkan, keberhasilan dari berbagai program kesehatan tersebut terus meningkat hingga 2019. Hal ini menjadi bukti bahwa program sudah berjalan baik dibawah kempemimpinan H2G. Kedepan, tentu harus bekerja keras mepertahankan bahkan lebih meningkat dari yang sudah dicapai saat ini.

Lebih lanjut, politisi Nasdem ini menjelaskan, memang dalam pelaksanaan rangkaian program kesehatan tersebut terdapat berbagai persoalan diantaranya masih minimnya anggaran, kualitas sumber daya manusia hingga luasnya jangkauan wilayah kabupaten Musi Rawas. “Solusi dari kendala ini harus diupayakan, diantaranya peningkatan kualitas SDM dan pengoptimalan anggaran,” tandasnya. (Rilis)

Tinggalkan Balasan