Ingin Turunkan Stunting, Bupati Gelar Apel Siaga TPK

Ingin Turunkan Stunting, Bupati Gelar Apel Siaga TPK

MUARA BELITI – | Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud pimpin Apel Siaga Nasional Tim Pendampingan Keluarga (TPK) untuk percepat turunkan resiko Stunting di Kabupaten Musi Rawas. Kamis (12/05/2022) di Auditorium Pemda, Muara Beliti.

“Apel Siaga TPK merupakan Gerakan Nasional, dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pendampingan terhadap keluarga berisiko Stunting yang terdiri dari komponen Bidan Desa, para pengurus PKK Desa dan Kader KB.

Tentunya kita akan verifikasi data sasaran keluarga berisiko Stunting, meningkatkan cakupan pendampingan sasaran seperti calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca bersalin,” kata Bupati didampingi Wakil Bupati (Wabup), Hj Suwarti.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Musi Rawas, Supardiyono mengatakan hasil pendataan keluarga tahun 2021, dari 109.584 keluarga di Kabupaten Musi Rawas telah teridentifikasi sekitar 55,9 persen atau sebanyak 61.273 keluarga yang berisiko terjadi stunting.

“Untuk itu, tahun ini DPPKB melalui dana BOKB telah mengalokasikan kegiatan sasaran keluarga berisiko, sebanyak 18.912 keluarga.

Rinciannya, 2.888 pasang calon pengantin yang didampingi sebanyak 2 kali dalam kurun 30 hari, sekitar delapan kali ibu hamil yang didampingi sebanyak 8.120 orang dan selama tiga bulan hanya dua kali ibu pasca bersalin dipantau sebanyak 8.012 orang,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan target sasaran kepada 14 Camat dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas, untuk dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan aksi percepatan penurunan angka keluarga beresiko stunting di wilayah masing-masing.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut unsur Forkompinda, para Kepala OPD, Camat dan anggota TPK se-Kabupaten Musi Rawas. | *

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.