Penyaluran BTPKLWN, Pesan Wabup Gunakan Bantuan Untuk Tambahan Modal Usaha

Penyaluran BTPKLWN, Pesan Wabup Gunakan Bantuan Untuk Tambahan Modal Usaha

MUARA BELITI – | Grand Opening Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BTPKLWN) Tahun 2022 dilakukan di Gedung Atdmani Mapolres Mura, Rabu (23/03/2022). 

Sedikitnya, 6.000 BTPKLWN akan disalurkan dengan beberapa gelombang dimana setiap bantuan tunai senilai Rp 600.000, dengan persyaratan penerima bantuan membawa KTP Elektronik dan belum menerima bantuan dari pihak manapun serta telah di vaksinasi dosis I, dosis II bahkan Booster.

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono, atas adanya bantuan BTPKLWN.

“Pastinya bisa meringankan beban pedagang kaki lima, warung dan lain-lain,” kata Wabup Suwarti.

Wabup berpesan, gunakan bantuan ini untuk kegiatan positif seperti modal usaha, jangan digunakan hal yang lain. 

Salah satu contoh pedagang gorengan bisa digunakan untuk membeli minyak goreng, sehingga bisa mengurangi beban untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Jadi, setelah menerima bantuan ini, kiranya bapak-ibu langsung pulang kerumah, jangan kemana-mana, takutnya melihat yang tidak penting, takutnya tergoda hingga kebutuhan yang penting tidak terpenuhi,” tutup Wabup Musi Rawas.

Grand Opening BTPKLWN, dipimpin Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono dan Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyono diwakili Danramil 406-06 Tugumulyo, Kapten Inf Rozali.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono mengatakan bahwa bantuan BTPKLWN, merupakan bantuan dan kerjasama melalui Menteri Perekonomian, Kementerian Keuangan, Mabes Polri dan Poskeu Presisi, selanjutnya disalurkan kepada pedagang kaki lima, warung dan nelayan.

“Dan, untuk diketahui bahwa di Sumatera Selatan ada empat kabupaten/kota yang ditetapkan pemerintah sebagai daerah prioritas pengentasan kemiskinan ekstrim guna mengurangi dampak pandemi covid 19 bagi masyarakat pendapatan rendah. Empat daerah Polrestabes, Polres Mura, Polres Muara Enim dan Polres Ogan Ilir,” kata Kapolres Mura.

Kapolres menjelaskan, bantuan ini berjumlah 6.000 pedagang serta warung Polres Mura, akan disalurkan diseluruh wilayah Kabupaten Mura. 

Untuk diketahui penerimaan bantuan ini dilakukan beberapa tahapan mulai dari desa, kelurahan, kecamatan pastinya tidak ada diskriminasi artinya murni.

“Untuk hari ini, gelombang pertama berjumlah 500 penerima, gelombang kedua berjumlah 750 penerima disalurkan pada, Sabtu (26/3/2022), dan gelombang ketiga berjumlah 750 penerima disalurkan pada, Senin (28/3/2022), hal tersebut ditargetkan akhir Maret, sebelum Ramadan. Nantinya, selanjutnya akan digelar kembali setelah lebaran hingga mencapai target 6000,” jelas suami Ny Irene Gusti Hartono.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, tujuan bantuan ini untuk memulihkan ekonomi masyarakat pedagang kaki lima, warung dari pandemi covid 19, selain itu untuk memutus rantai covid 19 dengan menggelar mengikuti vaksinasi, namun tetap ada pengecualian bagi masyarakat yang menderita penyakit ada pengaruh dari vaksin, maka ada toleransinya.

“Namun, pastinya ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang usahanya gulung tikar untuk memenuhi kehidupan hidup sehari-hari,” tutur kapolres. Hadir juga, Wakapolres Mura, Kompol Willian Harbensyah, Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan, Kasi Keuangan, Bripka Jauhari, para kapolsek diwilayah hukum Polres Mura. | ADV/faisol

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.