Aroma Busuk Sampah Menyengat di Jalan Poros Tugumulyo

Aroma Busuk Sampah Menyengat di Jalan Poros Tugumulyo

MUSIRAWAS – Sampah yang meluber keluar dari bok sampah yang telah disediakan di sepanjang jalan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas dikeluhkan warga, terutama pengguna jalan.

Selain mengeluarkan bau busuk menyengat, kondisi ini membuat warga pengguna jalan merasa tidak nyaman.

Pantauan wartawan, Kamis (15/7) sekitar pukul 16.00 WIB di lokasi, tumpukan sampah yang meluber tersebut terkadang sampai memakan setengah bahu jalan.

Salah seorang pengguna jalan, Ismail mengatakan, dilihat dari jenis sampah yang meluber tersebut, kebanyakan dari sampah rumah tangga.

Dia berharap kepada instansi terkait mengambil langkah tegas, guna mengatasi permasalahan sampah di lapangan.

“Jika tidak cepat ditanggapi, dimungkinkan dapat menimbulkan persoalan lain yakni menimbulkan wabah penyakit, apalagi saat ini sedang pancaroba dan pandemi covid 19,” kata dia.

Di tempat terpisah, Darso warga lainnya mengatakan, masalah sampah ini merupakan tugas bersama.

Sepengetahuan dia kata Darso, setiap pagi hari, sampah – sampah yang dibuang warga di dalam bok sampah ini selalu diangkut oleh petugas kebersihan untuk dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Namun menjelang siang harinya, tumpukan sampah kembali terjadi, lantaran warga banyak yang membuang sampah.

“Semestinya persoalan ini tinggal kesadaran masyarakatnya lagi agar membuang sampah benar- benar di dalam bok sampah. Ini kebanyakan cara warga membuang sampah dengan melempar saja di sekitar bok, beginilah akibatnya. Sampah – sampah yang dibuang tidak masuk dalam bok ini akan meluber ke bahu jalan, karena di seret binatang dan hanyut karena air hujan,” jelasnya.

Ditengah wabah covid yang sedang terjadi saat ini harapnya, seharusnya masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan, terutama mematuhi imbauan instansi terkait agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Musi Rawas Teddy Lazuardi dikonfirmasi wartawan mengatakan, sampah menumpuk ini merupakan sampah baru yang dibuang warga pada siang harinya. Pasalnya setiap pagi hari selalu diangkut petugas kebersihan.

“Dengan segala keterbatasan Kami, Kami telah mengimbau agar warga membuang sampah di dalam bok sampah, baik melalui surat edaran dan memasang spanduk di lokasi pembuangan. Tapi setiap dipasang spanduk imbauan, selalu dilepas dan dibuang warga,” jelasnya.(ik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *