Komplotan Spesialis Gembos Ban Nasabah Bank di Mura Diringkus

Komplotan Spesialis Gembos Ban Nasabah Bank di Mura Diringkus

# Dalam Dua Pekan, Tim Landak Berhasil Ungkap Enam dari 11 Kasus

MUSIRAWAS- Tim landak Reskrim Polres Musi Rawas berhasil meringkus Dua dari Tiga pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) terhadap nasabah salah satu Bank di Kecamatan Megangsakti, Minggu (1/8).

Komplotan spesialis curat dengan modus gembos ban ini merupakan pelaku curat terjadi 17 Maret 2021 lalu di Kecamatan Megangsakti, terhadap korban Rakidi (57) warga Desa Tegal Sari Kecamatan Megangsakti.

Dua pelaku inisial IP alias Pur (33), warga Desa Babat Kecamatan STL Ulu Terawas, dan ST alias Nok (41) warga Desa Pengambang Kecamatan Sindang Beliti Kabupaten Rejang Lebong ini merupakan komplotan spesialis nasabah bank antar propinsi. Bahkan berdasarkan informasi, Pur merupakan salah seorang residivis kasus yang sama di Propinsi Jambi.

Sementara Satu pelaku lainnya inisial H, masih dalam pengejaran petugas dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang ( DPO) Polres Mura.

Dari hasil pengembangan, Pur dan Nok ini juga merupakan dua dari lima pelaku curat terhadap nasabah Bank di Kecamatan Purwodadi beberapa waktu lalu.

Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedi didampingi Kasat Reskrim AKP Alex Ardian, Rabu (4/8) menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, komplotan ini menggunakan modus gembos ban.

Aksi yang dilakukan terhadap nasabah bank di Kecamatan Megangsakti, komplotan ini berhasil menggasak uang korban sebesar Rp 100 juta, sementara aksi di Purwodadi berhasil menggasak Rp 40 Juta.

Dari hasil introgasi terhadap pelaku, sebelum melancarkan aksinya, komplotan ini terlebih dahulu melakukan metting terkait rencana aksi dan pembagian tugas.

Khusus aksi terhadap Rakidi nasabah Bank di Kecamatan Megangsakti, komplotan ini berbagi tugas diantaranya satu orang bertugas membuntuti korban dan ikut masuk bank, satu orang di luar memberikan kode, dan satu orang lagi bertugas sebagai eksekutor.

“Ketika korban turun dari mobil untuk memperbaiki ban mobil yang digembos pelaku, salah seorang pelaku lainnya langsung membuka pintu tengah mobil dan mengambil tas berisikan uang sebesar Rp 100 juta,” katanya.

Setelah adanya LP dari korban, Tim Landak Reskrim Polres Musi Rawas langsung melakukan penyelidikan, dan berkat kerja keras secara tegas dan terukur Tim Landak, kasus ini dapat terungkap dan pelakunya berhasil ditangkap.

“Dari hasil pengembangan, terungkap juga bahwa keduanya terlibat curat terhadap nasabah bank di Purwodadi,” katanya.

Sementara Kasat Reskrim AKP Alex Ardian menambahkan, selain mengamankan dua pelaku, dalam kasus ini Tim Landak juga berhasil mengamankan satu unit sepeda motor Honda GTR Nopol B 4021 BHV yang digunakan pelaku saat beraksi. Selain itu, diamankan juga Dua unit HP, Dua KTP dan Satu kunci T milik pelaku.

“Kita berpatokan tidak ada kejahatan yang tidak meninggalkan jejak.Untuk pelaku lainnya akan terus Kami kejar,” katanya.

Diketahui, kasus ini merupakan Satu dari Enam LP yang berhasil diungkap Tim Landak Reskrim Polres Mura selama dua pekan ini, dari 11 LP yang masuk.

Kasus lainnya yakni pencurian kayu milik perusahaan PT MHP di Kecamatan BTS Ulu berhasil meringkus Delapan tersangka. Kemudian kasus pencurian di Desa Pelawe Kecamatan BTS Ulu Satu tersangka, Kasus pencurian di Desa Kosgoro Kecamatan STL Ulu Terawas Satu tersangka. Terakhir, Tim Landak juga berhasil meringkus buronan kasus curat yang terjadi di Desa Bamasco Kecamatan Tuah Negeri.(ik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *